Berapa Quota Paket Data Internet yang Dibutuhkan untuk Streaming Musik dan Video?

Tips 0 Komentar

Iklan

Mau beli paket data internet? Quota Berapa? Hal-hal yang paling kita sukai dengan ponsel kita juga merupakan hal yang paling banyak memakan paket data yaitu streaming musik dan video. Media streaming menggunakan banyak data. Ketahuilah ini sebelum kamu memutuskan paket apa yang mau kamu beli untuk kebutuhan streamingmu.

Smartphone dan layanan streaming dibuat untuk melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Ponsel kamu mampu menghadirkan konten berkualitas tinggi melalui layar atau komponen audio dan layanan streaming seperti YouTube, Netflix dan Spotify dibuat untuk menyediakannya. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menonton YouTube di telapak tangan kamu.

Kita senang menonton dan mendengarkan dengan ponsel kita. Tapi kemunculan streaming video HD dan streaming audio ber bitrate tinggi berarti juga mengandung data yang tidak seperti jaman-jaman sebelumnya. Yang berarti membutuhkan quota paket internet yang tidak sedikit juga. Mari kita coba untuk melihat berapa banyak paket data yang kita gunakan saat menjalankan aplikasi streaming favorit kita.

Streaming Audio
Sementara ada beberapa layanan menawarkan musik streaming super-HQ, sebagian besar layanan menggunakan skala yang sama: Rendah, Normal dan Tinggi. Dan kebanyakan menggunakan bitrate yang sama (jumlah bit per detik yang ditransmisikan secara digital) untuk menentukan masing-masing kategori. Begini cara mereka melihat dan berapa banyak data yang akan dikonsumsi masing-masing.

Kualitas rendah biasanya 96kbps. Rata-rata, streaming audio berkualitas rendah menggunakan 0.72MB per menit atau 43.2MB per jam. Kualitas normal adalah 160kbps. Streaming musik berkualitas normal menggunakan rata-rata 1.20MB per menit atau 72MB per jam. Musik berkualitas tinggi 320kbps. Streaming musik berkualitas tinggi menggunakan rata-rata 2,40MB per menit atau 115,2MB per jam.

Sebagian besar layanan menawarkan layanan streaming yang disesuaikan secara otomatis berdasarkan kondisi jaringan yang kamu gunakan mengakses pada saat tersebut. Sebagian besar layanan seperti Google Play Music dan Spotify secara default menggunakan setelan "Rata-rata" bila kamu tidak menyetel pengaturan otomatis.


Streaming Video
Seperti yang bisa kamu bayangkan, video streaming menggunakan lebih banyak data daripada audio. Ada lebih banyak informasi yang harus dikirimkan. Dan kondisi jaringan koneksi internet kamu berperan besar dalam bagaimana media dialirkan karena tidak ada yang menyukai "buffering...", Syukurlah, aplikasinya cukup cerdas untuk meminta aliran video yang akan bekerja dengan kecepatan jaringan yang tersedia dan "buffering..." kini hanya "mantan", sesuatu di masa lalu. Perhatikan bahwa fitur tersembunyi ini biasanya akan menggantikan pengaturan kamu jika memang perlu, namun jika kamu meminta video HD atau 4K, kamu akan mendapatkannya jika bisa ditransmisikan.

Kualitas video Low berkualitas sangat rendah. Katakanlah 240p atau 320p. Pengaturan berkualitas rendah akan menggunakan sekitar 0,3GB (300MB) per jam.
Kualitas video SD adalah video 480p. Video berkualitas SD menggunakan sekitar 0.7GB (700MB) per jam.
Video berkualitas HD adalah antara 720p dan 2K (ingat, aplikasi menyesuaikan arus). Video berkualitas HD menggunakan sekitar 0.9GB (720p), 1.5GB (1080p) dan 3GB (2K) per jam.
Video berkualitas UHD menggunakan banyak data. Aliran 4K menggunakan sekitar 7.2GB per jam.

Sekali lagi, ini adalah rata-rata. Kompresi, kualitas variabel berdasarkan kondisi jaringan dan cache ponsel kamu akan menjadi faktor di sini, namun angka ini merupakan bayangan yang sangat mendekati. Ini adalah standar industri 1.000MB = 1GB di sini dan bukan perhitungan "nyata" 1.024MB = 1GB tanpa pembulatan. Itu karena para operator seluler mungkin melakukan hal yang sama. Karena bagaimana data dikompres dan bitrate berubah berdasarkan setiap situasi, ukuran ini mungkin sedikit berbeda dari pada hitungan kamu.

Satu hal yang ditunjukkan oleh angka-angka ini adalah bahwa kamu selalu lebih baik menggunakan Wi-Fi untuk streaming media berkualitas tinggi. Selain menghemat paket data, Wi-Fi juga memiliki sinyal yang lebih kuat yang berarti sedikit degradasi atau kompresi. Penyedia internet kamu mungkin mengoptimalkan lalu lintas media, namun tidak sebanyak operator seluler kamu. Kamu juga dapat menggunakan layanan yang memungkinkan kamu mendownload atau pin media kamu saat berada di Wi-Fi dan memutarnya kembali nanti.

Inilah rincian tentang berapa banyak data yang streaming musik dan video yang digunakan sehingga kamu tahu berapa banyak anggaran yang dibutuhkan. Jika kamu ingin melakukan streaming media saat menggunakan koneksi data, inilah yang yang bisa dilakukan masing-masing paket data reguler bukan unlimited:

Paket data internet quota 2GB akan memungkinkan kamu streaming:
47 jam musik berkualitas rendah
28 jam musik berkualitas normal
17 jam musik berkualitas tinggi

6,5 jam video berkualitas rendah
2,8 jam video SD
2,2 jam 720p
1,3 jam video 1080p
0,6 jam video 2K
0,25 jam video 4K

Paket data internet quota 5GB akan memungkinkan kamu streaming:
117 jam musik berkualitas rendah
70 jam musik berkualitas normal
42,5 jam musik berkualitas tinggi

16,25 jam video berkualitas rendah
7 jam video SD
5.5 jam video 720p
3.25 jam video 1080p
1,5 jam video 2K
0,6 jam video 4K

Paket data internet quota 10GB akan memungkinkan kamu streaming:
234 jam musik berkualitas rendah
140 jam musik berkualitas normal
85 jam musik berkualitas tinggi

32,5 jam video berkualitas rendah
14 jam video SD
11 jam video 720p
6,5 jam video 1080p
3 jam video 2K
1,2 jam video 4K

Sadarilah bahwa jika kamu menonton video HD 8 jam setiap hari, kamu mungkin memerlukan quota paket data lebih dari 300GB .



  • Google+
  • Twitter
Untuk dapat menulis komentar silahkan login atau mendaftar bila belum bergabung.